workshop literasi kesejahteraan

by Admin, Posted on: 05 Dec 2019, 08:15 - Comments. - 140 Views.


     WORKSHOP LITERASI KESEJAHTERAAN

            Literasi bukan sekedar untuk mengenal huruf, kata, kalimat atau bahkan  isi buku, itu baru tingkat awal, tahap berikutnya adalah kemampuan mengemukakan gagasan, inovasi, atau ketrampilan baru . Tahap terakhir adalah kemampuan menciptakan barang dan jasa . Sejalan dengan sdm unggul indonesia maju yang digaungkan presiden joko widodo, sumber daya (sdm) unggul adalah yang bisa menciptakan barang dan jasa.

Saat ini minat baca masyarakat indonesia sangatlah rendah bahkan hanya berada pada nomor 6 dari bawah , padahal karya-karya yang dihasilkan oleh para penulis sangatlah banyak dan beragam mulai buku tentang fiksi sampai buku yang bisa menginspirasi untuk peningkatan kesejahteraan.

Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pihak-pihak yang telah hadir pada saat ini, khususnya kepada DR.Tri sudaryono,MS dari BPTP malang atas kerjasama dan dukungan dari semua puhak yang telah mensukseskan kegiatan ini.

       Dalam paparannya DR Tri sudayono mengungkapkan bahawa, Komoditas Jagung di Kabupaten Kedirimerupakan salah satu potensi pertanian, yang perlu dikembangkan tidak hanya menjadi konsumsi Pakan ternak saja, namun dapat dikembangkan menjadi komoditas untuk pengembangan UMKM , sehingga dari jagung dapat dikembangkan menjadi Susu Jagung, Chiki2 an, Roti dan sebagainya, sehingga bisa meningkatkan nilai tambah produk pertanian.Dia mencontohkan dari jagung yang seharga Rp.5.000 /kg  jika diolah menjadi makanan ringan akan dapat dipasarkan dengan harga Rp.60.000,/kg, sehingga nilai tambahnya bisa meningkat menjadi 10 kali lipat.       

     Workshop yang dihadiri oleh peserta dari unsur mahasiswa AKZI , UMKM, Aggota TBM , dan Pemustaka ini akan ditindaklanjuti dengan pelatihan pembuatan usaha yang berbahan baku Jagung.

Search
Categories
Artikel terbaru